Dirgahayu Indonesiaku

 

<< Back

Di tahun 2020 ini, Indonesia merayakan kemerdekaan yang ke-75. Di perayaan dekade yang ke-3 seluruh masyarkat Indonesia merayaknnya secara special dikarenakan situasi yang kita hadapi, yaitu situasi Kebiasaan Baru atau New Normal yang disebabkan oleh pandemi virus Covid-19. Namun, walaupun dalam keadaan yang baru tidak menyurutkan api semangat merayakan dirgahayu Republik Indonesia yang ke-75 ini. Ismile Bandung tidak ingin pula kehilangan kesempatan untuk memperigati Kemerdekaan RI. Sekolah dari rumah bukan menjadi halangan bagi kami untuk merayakannya. Kami merayakannya secara daring bersama anak-anak dan bahkan lebih istimewa dimana kami merayakan dengan para orang tua. Dengan demikian semangat merayakan kemerdekaan tidak hanya dirasakan oleh para guru dan murid tapi juga dirasakan oleh keluarga di rumah.

Sebagai pembuka, kami memulainya dengan melakukan upacara secara daring. Anak-anak mendeklamasikan Pancasila dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya, setiap kelas melaksanakan kegiatannya masing-masing menurut kelasnya masing-masing.

Untuk kelas N2, berbeda dengan hari-hari biasa, pada hari itu Seorang Guru menjalankan kegiatan dengan menggunakan bahasa Indonesia. Anak-anak dikenalkan pada lagu “Balonku Ada 5” sebagai salah satu lagu anak Indonesia. Permainan pun dimulai, anak-anak N2 memainkan permainan memindahkan air berwarna merah dari satu mangkok ke mangkok lain dengan menggunakan sendok. Mereka melakukannya dengan sangat baik dan sabar. Tidak lupa anak-anak pun diajakan untuk mengucakan “Merdeka!” bersama-sama.

Anak-anak K1 merayakan Kemerdekaan RI dengan penuh antusias dan semangat. Kelas K1 melaksanakan beberpa lomba, seperti lomba memakan pisang, meniup tissue, lomba menari dan memasukkan pensil kedalam botol. Unuk menjaga kebugaran, Para Guru mengajak para orang tua dan anak-anak melakukan senam bersama-sama. Dengan mengikuti perlombaan kemerderkaan ini akan membantu anak untuk menumbuhkan semangat nasionalisme dan memupuk rasa cinta mereka kepada tanah air.

Untuk level K2, baik K2A dan K2B melakukan kegiatan yang serupa. Sebagai kelas paling sulung, anak-anak K2 diberikan sedikit penjelasan mengenai sejarah Republik Indonesia dan perjuangan para pahlawan. Sebagai penghargaan dan apresiasi kepada para pahlawan bangsa, anak-anak membuat poster dan karangan singkat mengenai kemerdekaan RI. Selain itu, mereka juga berkesempatan untuk merayakannya Bersama keluarga. Anak-anak harus mendandani para ibu secantik mungkin. Senyum dan tawa pun tercipta dari kebersamaan anatara anak dan orang tua.

“Tujuan pendidikan itu untuk mempertajam kecerdasan,

memperkukuh kemauan serta memperhalus perasaan.”

Tan Malaka

Live Chat